PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERKEMBANGAN BISNIS DI INDONESIA
Pelaku bisnis internet
semakin hari semakin ramai. Produk bisnis yang ditawarkan tidak jauh berbeda
dengan bisnis cara konvensional, namun berbeda pada model pemasaran dan
perbedaan juga dapat dilihat dari sumber produknya.Dalam bisnis internet yang
notabene adalah lingkup dari teknologi informasi juga bermacam-macam bidang
dari bisnis produk jadi maupun jasa.Banyak yang menawarkan produk jasa seperti
entertainment, wisata, travel, penginapan (hotel), dan lain-lain. Sementara
pada bisnis produk jadi dapat berupa berjualan kaos, baju, perangkat keras
komputer, perangkat lunak siap pakai.
Di Indonesia sendiri,
bisnis online ditengarai muncul pertama kali pada tahun 1990an. Tidak ada yang
tahu pasti siapa yang pertama kali menggunakan jaringan online dalam
melaksanakan bisnisnya.
Ada berbagai macam
bisnis online yang dilakukan melalui media internet. Sebagian orang banyak yang
belum mengetahui tentang bisnis yang bisa dijalankan di internet. Sebenarnya
banyak macam dan jenis pekerjaan atau bisnis yang bisa di jalankan di internet.
Baik yang jenisnya serius atau hanya sekedar hobi yang bisa menghasilkan uang.
Berbisnis dengan
menerapkan teknologi informasi membuat peluang pasar terbuka lebih luas.
Berbisnis lewat internet akan mempermudah mempromosikan produk, mencari
konsumen dan juga pelanggan.
Terdapat faktor yang mempengaruhi
perkembangan bisnis yaitu:
1.
kompleksitas bisnis yang semakin meningkat yang dipengaruhi oleh pengaruh
ekonomi internasional
2.
kompetisi bisnis global
3.
pekembangan dan pertumbuhan TI
4.
pendayagunaan waktu
5.
pertimbangan sosial dan kapasitas teknologi informasi yang dipengaruhi
oleh:
a.
kapasitas pelayanan kebutuhan informasi
b.
kapasitas interaksi dalam jaringan komputer
c.
kapasitas kecepatan akses data.
Di bidang bisnis baik
perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat
penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan
menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Pengaruh dan peranan TI
terhadap perkembangan bisinis online di antaranya adalah:
•
TI yang dapat memudahkan penyebaran informasi mampu mengembangkan bisnis
online ke berbagai wilayah di dunia. Seperti E-Commerce yang digunakan oleh
perusahaan penjual buku, musik, video, permainan dan barang elektronik.
•
Banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI juga membantu menumbukan bisnis
online di internet. Dengan banyaknya tenaga ahli dalam bidang TI, bisnis online
banyak mengalami perbaikan sistem. Dengan adanya perbaikan sistem, maka
kerahasiaan identitas konsumen pun lebih terjamin. Konsumen dapat kembali
percaya membeli keperluannya di perusahaan bisnis online.
•
Bisnis online banyak digemari karena fleksibilitasnya. Seseorang tidak
harus berada di tokonya untuk menunggu pelanggan, namun dengan komputer dan
konektivitasnya sudah dapat menjual produknya ke seluruh negara. Pembeli pun
tidak harus capek-capek keluar untuk membeli keperluannya, karena dengan hanya
membeli secara online, barang pembeliannya bisa diantar langsung ke rumahnya.
•
Koneksi internet yang semakin mudah dan terjangkau akibat kemajuan TI juga
menyebabkan kemakmuran di bisnis online.
•
Cara memperoleh produk (Ketersediaan sumber produk). Bisnis berjualan produk secara online mengenal adanya
istilah dropship. Dropship adalah cara memperoleh produk dimana dropshiper
(pelaku) tidak harus memiliki stok barang. Pola kerja dropship dapat dicukupkan
hanya mengenal produk yang akan dipasarkan dengan melengkapi deskripsi, nama
produk yang dijual, harga, dan foto produk. Kemudian dropshiper dapat memulai
proses promosi dan pemasaran. Tentunya bagi para pelaku bisnis baru dapat lebih
berani untuk menjalankan bisnis dengan cara ini.
•
Sumber pengambilan keputusan yang cepat. Berbagai
produk Teknologi Informasi dapat memudahkan Tim Manajemen untuk mengambil
keputusan secara cepat. Proses bisnis yang terjadi di lapangan dapat dipantau
secara real time oleh pihak manajemen.
Dengan teknologi informasi yang
terkoneksi dengan jaringan internet global memberikan peluang dalam pemasaran
produk atau jasa, dengan jaringan internet dan fitur web yang menarik merupakan
salah satu alat promosi yang baik dan lebih murah terutama dalam bisnis jasa.
Dalam konsep Good Governance dimana terdapat kesetaraan peran antara
pemerintah, masyarakat dan swasta, mau tidak mau pemerintahpun harus menguasai
dan mengembangkan teknologi informasi yang populer sekarang dengan sebutan
E-Goverment.
Teknologi dalam
pemasaran punya peran penting untuk meningkatkan eksistensi sebuah perusahaan
atau suatu badan usaha. Pemasaran pada zaman sekarang ini, jika tidak ditunjang
dengan adanya perkembangan teknologi yang maju tidak mungkin dapat dipasarkan
secara maksimal. Maka dari itu dengan
adanya pemanfaatan dan penggunaan teknologi informasi dalam berkembangan bisnis
online diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis
yang kompetitif. Perusahaan yang mampu bersaing dalam kompetisi tersebut adalah
perusahaan yang mampu melakukan implementasi teknologi ke dalam perusahaannya.
Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal
meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk-produk adalah bisnis secara
online agar semakin dekat dengan konsumen karena kemampuan TI untuk mendekatkan
jarak dan waktu sehingga semakin mendekatkan produk perusahaan kepada konsumen.
Hal ini diharapkan membuat bisnis di Indonesia semakin berkembang.
Dampak Teknologi Di Bidang
Pemasaran :
Dampak positif :
- . proses transaksi yang dapat berlangsung secara cepat.
- . Pengenalan produk barang dan jasa suatu perusahaan maupun badan usaha melalui media periklanan, baik itu media elektronik maupun media cetak menjadi lebih mudah.
Dampak negatif :
- . adanya kesenjangan sosial.
- . ketidaksamaan pemerataan peranan teknologi sangat besar
REFERENSI :
Komentar
Posting Komentar